Jumat, 26 Februari 2016

Muslimah Pertama yang Gugur Disiksa Kafir Quraisy








Assalaamualaikum Ikhwaanul Muslimiin ....


Adalah seorang istri dari Yassir dan ibu dari Ammar bin Yasir, juga seorang budak dari Abu Huzaifah bin Mughirah  berasal dari Yaman yang dikawini oleh Yasir bin Amir, sehingga dikaruniai seorang putra bernama Ammar.
Pada awal dakwah Nabi Muhammad SAW. di Mekkah, keluarga Yassir mendapat hidayah dari Allah SWT. untuk beriman, tetapi keimanan mereka harus mendapat ujian dari kalangan kaum kafir quraisy. keluarga Yassir pun disiksa oleh mereka dengan cara yang sangat kejam diantaranya adalah Sumayyah Ummu Ammar yang menjadi korban wanita pertama dalam islam.
Adapun tujuan penyiksaannya yaitu  :
  1. Untuk memaksa agar mereka yang telah masuk islam itu kembali kepada kepercayaan semula.
  2. Untuk menakut-nakuti, agar warga lain tidak berani untuk masuk islam.
  3. Untuk membuat gentar Nabi Muhammad SAW. dan para sahabat yang sudah masuk islam 
Penyiksaan itu ditujukan pada awalnya hanya kepada golongan yang lemah seperti para budak, orang miskin dan pendatang. Tanggung jawab penyiksaan diserahkan kepada tuan dan kabilah yang menjadi pelindung mereka masuk islam. Sedangkan koordinator penyiksaan adalah Bani Makhzum. Dalam prakteknya, siapa saja boleh menyiksa kaum muslimin dari golongan lemah ini. Hal ini dimungkinkan karena pada saat itu tidak ada pemerintahan yang berkuasa yang menegakkan keadilan, dan bagi golongan lemah tidak ada yang membela.
Adapun Sumayyah telah memberikan contoh yang terhormat yang tak sudi mengikuti kemauan para penyiksanya. Ketika ia dipaksa untuk memuja berhala mereka, ia diam seribu bahasa, semantara siksaan dari derita diterimanya dengan sabar tanpa keluhan hingga membangkitkan keputus asaan Abu Jahal yang kemudian menusukkan lembingnya pada Sumayyah binti Hayyath hingga gugur lah ia sebagai syuhada.



#Ensiklopedi_mini_Sejarah_dan_Kebudayaan_Islam@151

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer

Kerajaan Islam Awal di Tanah Melayu

  Warga Daerah Lingga, Aceh Tengah Dakwah islam yang telah menyebar di Tanah Melayu sejak abad ke-7 masehi ( Abad awal ...