Sabtu, 16 November 2019

Kerajaan Islam Awal di Tanah Melayu


 
Warga Daerah Lingga, Aceh Tengah

Dakwah islam yang telah menyebar di Tanah Melayu sejak abad ke-7 masehi ( Abad awal hijrah ) hingga pada abad ke-8  secara konsisten oleh pedagang-pedagang Arab. Meskipun tidak ada kerajaan islam yang terbentuk di Tanah Melayu pada abad ke-7 dan ke-8 masehi, namun namun masyarakat setempat banyak yang mempercayai para pedagang yang sering berurusan dengan pedagang-pedagang Arab yang telah masuk islam.
Pada Awalnya, Tanah Melayu didominasi bahkah hampir seluruhnya menganut kuat ajaran Hindu-Budha, namun dakwah islam yang disebarkan di Tanah Melayu berlangsung aman dan damai.
Sultan Pertama        :Sultan Alaiddin Sayyid Maulana Abdul Aziz
Tahun Berdiri          :840 masehi
Dinasti                     : Aziziyah dan Makhdum
Sebab runtuh          : Kebangkitan Kerajaan Islam Samudera Pasai dan wilayah   Kerajaan Perlak disatukan dibawah pemerintahan Kerajaan Samudera Pasai.
Sultan Terakhir       : Sultan Makhdum Alaiddin Malik Abdul Aziz Syah Johan (1263-1292)
Pada tahun 820 masehi, satu rombongan pendakwah yang di pimpin oleh seorang ulama terkenal dengan nama Nahkoda Khalifah telah mendarat di Perlak (saat ini berada di daerah Aceh bagian Utara). Dengan berjumlah anggota 100 orang Arab, Parsi dan Hindi (India). Melalui rombongan ini menjadi sebab awal berdirinya kerajaan islam di Tanah Melayu.
Ali ibn Muhammad ibn Ja’far Ash-Shadiq yang merupakan keturunan Rasulullah SAW. Merupakan salah satu yang berasal dari rombongan tersebut menikahi Puteri Perlak yang bernama Puteri Makhdum Tansyuri. Dari mereka, lahirlah seorang anak laki-laki yang diberi nama Sayyid Abdul Aziz. Setelah beranjak dewasa, Sayyid Abdul Aziz mendirikan kerajaan islam yang  pertama di Tanah Melayu yaitu Kerajaan Perlak sekitar tahun 840 masehi dengan gelar Sultan Alaiddin Sayyid Maulana Abdul Aziz.
Dakwah islam pun sedikit demi sedikit tersebar di sekitar wilayah Perlak dengan adanya madrasah dan pusat pengajian dan juga beberapa pendakwah diutus sebagai contoh pada masa pemerintahan Sultan Makhdum Alaiddin Malik Ibrahim Syah Johan yang memerintah perkiraan mulai tahun 1012-1059 Masehi seorang ulama yang bernama Syiekh Sirajuddin telah diutus ke Lingga di daerah Aceh Tengah untuk berdakwah, hasilnya, Raja lingga yang bernama Adi Genali telah memeluk agama islam.[1]


[1] Hasanuddin Yusuf, Tun Suzana Tun Othman. Miftahul Malayu, Sejarah Islam Alam Melayu, hal. 59-60.2018




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer

Kerajaan Islam Awal di Tanah Melayu

  Warga Daerah Lingga, Aceh Tengah Dakwah islam yang telah menyebar di Tanah Melayu sejak abad ke-7 masehi ( Abad awal ...