Rabu, 18 November 2020

Kisah Seorang Sahabat yang Berbicara dengan Tuhannya

Seseorang yang hidup sezaman dan bertemu serta mengimani apa-apa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW.  kemudian wafat dalam keadaan iman dan islam merupakan pengertian yang masyhur tentang Shahabat. Rasulullah SAW. telah meninggalkan 2 perkara yang agung, dengannya kita tidak akan sesat  Insya Allah di kemudian hari yaitu Al-Qur'an dan Sunnah-sunnah Rasulullah SAW.

Para Sahabat yang mulia banyak memiliki Karomah serta anugerah dari Allah SWT. berkat keteguhan hatinya dalam menjalankan Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW. Salah satunya adalah Abdullah ibnu Amr ibnu Haram Al-Ansari

Source : Alamy.com



Hadist Shahih yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad:3/361, Imam Tirmidzi No.3010, Ibnu Majah No.190, Ibnu Hibban 9/83, dan Ibnu Ashim 1/267. Bahwa Jabir bin Abdullah R.A, ia berkata : " Aku bertemu dengan Rasulullah Saw beliau bertanya kepadaku" : "Wahai Jabir apakah gerangan yang membuatmu tampak bermuram durja "? akupun menjawab : " Wahai Rasulullah bagaimana tidak, ayahku telah gugur dalam pertempuran, sedangkan ia meninggalkan anak-anak yang mamsh kecil dan hutang". Lalu Rasulullah Saw. bersabda : " apakah engkau engkau ingin aku beritakan tentang apa yang ditemui ayahmu dihadapan Allah Swt. ?" Aku menjawab : " Tentu Ya Rasulullah. " Maka Rasulullah Saw. bersabda : " Tidak pernah sekalipun Allah berbicara dengan seorang manusia, kecuali dari balik tabir atau hijab, dan beruntung sekali bagi ayahmu, Allah berbicara langsung kepadanya tanpa pembatas, ayahmu lalu berkata" :" Ini yang aku harapkan," dan ia berkata : "Ya Allah hidupkan aku kembali sehingga aku bisa terbunuh di jalanMu sekali lagi." Lalu Allah Swt. berfirman: 

وَلَا تَحۡسَبَنَّ ٱلَّذِينَ قُتِلُواْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ أَمۡوَٰتًا ۚ بَلۡ أَحۡيَآءٌ عِندَ رَبِّهِمۡ يُرۡزَقُونَ

"Dan jangan sekali-kali kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; sebenarnya mereka itu hidup di sisi Tuhannya mendapat rezeki,"

( Q.S Ali Imran : 169 )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer

Kerajaan Islam Awal di Tanah Melayu

  Warga Daerah Lingga, Aceh Tengah Dakwah islam yang telah menyebar di Tanah Melayu sejak abad ke-7 masehi ( Abad awal ...