Selasa, 25 Agustus 2020

Sang Pembaca Al-Quran Pertama di Hadapan Kaum Kafir

ASSALAAMUALAIKUM......

Dalam dunia islam banyak muslimin dari kalangan sahabat rasul  yang sering membaca Al-Quran, namun ada sebuah pertanyaan yang menarik. Siapa yang pertama kali yang membacakan Al-Quran di depan orang-orang kafir ?

 Dialah orang pertama yang berani membacakan Al-Quran dengan suara nyaring di depan kerumunan orang-orang kafir Makkah. Siapakah dia?.................

Sosok yang hanya seorang pengembala kambing milik Utbah bin Mu'aith. Sesudah masuk islam, selain ia rajin mengikuti pengajian di rumah Al Arqam bin Abil Arqam, juga dibimbing srcara pribadi oleh Khabbab bin Arts dalam membaca Al-Quran, dialah Abdullah bin Mas'ud.

Pada suatu pembicaraan di rumah Al-Arqam, para sahabat memandang perlu adanya kejutan untuk orang-orang kafir dengan membacakan Al-Quran di tempat yang ramai. Hal itu memang sudah lama tidak dilakukan oleh Rasulullah SAW.

"Saya!"seru salah seorang sahabat yang hadir di tempat itu sambil mengangkat tangannya. Namun para sahabat yang lainnya keberatan, mereka menginginkan agar yang membacakannya itu dari sahabat yang memiliki kerabat yang disegani, hingga orang-orang kafir tidak berani melakukan tindak penganiayaan.

"Biarlah saya, Allah akan membalanya!", serunya sekali lagi. Lalu dia pergi ke ka'bah, disana banyak orang-orang  berkerumun. Maka dibacakanlah dengan suara yang nyaring dan merdu surat Ar-Rahman 1-6 :

    

الرحمن

علّم القرآن

خلق الإنسان

علّمه البيان

الشمس و القمر بحسبان

و النجم والشجر يسجدان

Artinya : 

 

Allah yang Maha Rahman

Yang telah mengajarkan Al-Quran 

Dialah pencipta insan

Dan mengajarinya pandai berbicara

Matahari dan bulan beredar menurut perhitungan

 Tetumbuhan dan pepohonan sujud....

 

Mereka orang orang kafir sejenak terpesona dengan keindahan isi yang dibacakannya dan kemerduan suranya. Syair macam apakah gerangan, begitu indah susunannya dan demikian agungnya isinya !. Siapah penggubahnya ?

Namun setelah mereka perhatikan pembacanya mulai mereka kenal, Abdullah bin Mas'ud, bekas penggembala kambing Utbah bin Mu'aith yang telah menjadi pengikut Muhamad. " Itu sihir Muhammad", seru mereka. Maka terjadilah apa yang tidak diharapkan, namun telah diduga sebelumnya. Mereka bangkit berebut memukulinya, sedangkan Abdullah bin Mas'ud meneruskan bacaanya sampai batas kesadarannya.

Namun Abdullah bin Mas'ud merasa lega telah dapat menunaikan salah satu tugas penting dari agama yang dianutnya, ia rela meneria segala akibat yang di dapat.

Itulah dia Abdullah bin Mas'ud yang pada keislamannya didoakan oleh Rasulullah SAW. untuk menjadi orang terpelajar dan kemudian menjadilah ia sosok yang dikagumi oleh kalangan sahabat. 

Kini, bacaan Al-Qurannya menjadi rujukan para qori dan ia pun dipandang sebagai ahli fiqh saat itu.

Seorang penggembala kambing hanya dengan bermodal iman yang kuat dan keberanian, ia bangkit menekuni ilmu dari Rasulullah SAW.

 

 

#Ensiklopedi_mini_Sejarah_Kebudayaan_Islam

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer

Kerajaan Islam Awal di Tanah Melayu

  Warga Daerah Lingga, Aceh Tengah Dakwah islam yang telah menyebar di Tanah Melayu sejak abad ke-7 masehi ( Abad awal ...